Mengubah jasa/pekerjaan offline menjadi online

Friday, February 12, 2016 8 Comments

Mengubah jasa/pekerjaan offline menjadi online

Bukan hanya layanan-layanan yang identik dengan teknologi seperti desain grafis yang bisa sukses.
Jasa atau layanan yang sebelumnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan internet kini sudah bisa diintegrasikan dengan internet.
Ini beberapa contohnya:
Dengan beberapa platform di atas kita bisa menjual keahlian dan jasa menjadi penghasilan.
Ada juga model bisnis “offline jadi online” yang saat ini belum ada di Indonesia tapi sudah populer di luar negeri.
Beberapa model bisnis “offline jadi online” ini mungkin bisa jadi inspirasi anda:
Siapa sangka sebuah jasa cukur rambut bisa jadi bisnis online.
Baca juga artikel Bisnis selanjutnya : Kolektor nama domain untuk dijual dengan harga tinggi

Manajemen pemasaran dengan iklan digital

Wednesday, February 10, 2016 Add Comment

Manajemen pemasaran dengan iklan digital

Digital advertising, terutama yang online, dengan cepat melampaui iklan tradisional.
Dalam 5 tahun saja pengeluaran iklan online sudah melampaui iklan tradisional dan diproyeksi akan segera menyalip iklan TV.
Perbandingan online advertising
Alasannya karena iklan online lebih efektif, murah, dan terukur.
Tapi masalahnya iklan online membutuhkan proses pembelajaran yang lebih lanjut daripada iklan tradisional. Maka dari itulah UKM di Indonesia saat ini banyak yang belum mampu menggunakan iklan online.
Meskipun ingin.
Sehingga peluang usaha ini muncul.
Dalam membuat iklan online, kita harus menyiapkan teks iklan, gambar, dan/atau video. Selain itu untuk memaksimalkan performanya kita juga harus melakukan berbagai pengujian dan pengolahan data.
Jadi ada 3 fungsi yang anda perlu siapkan:
  • Copwriter
  • Graphic designer
  • Data scientist
Tidak semua bisnis mampu menyediakan fungsi-fungsi ini ke dalam organisasinya, sehingga anda bisa membantu mereka melakukan manajemen iklan.
Baca juga artikel selanjutnya: Mengubah jasa/pekerjaan offline menjadi online

Layanan manajemen dan pemasaran social media

Wednesday, February 03, 2016 Add Comment

Layanan manajemen dan pemasaran social media

Sama halnya dengan SEO, karena social media juga juga merupakan media pemasaran online terbaik maka layanan seperti ini sangat dibutuhkan.
Juga sama dengan SEO, sangat jarang jasa social media marketing yang profesional.
Pekerjaan social media marketer adalah:
  • Membangun kesadaran brand
  • Membuat dan membagikan konten
  • Berinteraksi dengan fans/follower
  • Meningkatkan traffic ke website melalui social media
…bukan hanya peningkatan follower.
Social media marketing
baca juga artikel selanjutnya : Manajemen pemasaran dengan iklan digital

Permudah bisnis mereka dengan menjual jasa SEO

Tuesday, February 02, 2016 Add Comment

Permudah bisnis mereka dengan menjual jasa SEO

Banyak orang membuat toko online, banyak yang membuat SaaS, salah satu faktor kesuksesan bisnis online adalah traffic dan salah satu cara mendapatkan traffic adalah dari mesin pencari.
Agar bisa mendapatkan traffic dari mesin pencari, website mereka harus teroptimasi.
Salah satunya dengan teknik SEO.
Karena bisnis online berkembang pesat dan pebisnis tidak sempat untuk belajar SEO, maka penyedia jasa SEO menjadi sangat dibutuhkan.
Tapi mencari jasa SEO yang terpercaya tidak mudah.
Sebagian besar penyedia jasa SEO saat ini hanya menjual backlink yang didapatkan dari metode-metode black hat yang justru berbahaya. Tidak baik untuk bisnis.
Yang seharusnya disediakan oleh layanan SEO adalah:
  • Riset kata kunci dan kompetitor
  • Content marketing (pembuatan sampai distribusi)
  • Optimasi struktur website
  • Melakukan monitor backlink
  • Berusaha mencabut penalty dari Google
  • Analisa data dari Google Analytics
Di PanduanIM ada beberapa panduan SEO yang bisa anda gunakan untuk belajar:
Tapi saya tidak menyarankan anda menjadi penyedia jasa SEO kalau anda sendiri belum punya pengalaman membuat website yang sukses secara SEO.
Baca juga artikel selanjutnya : Layanan manajemen dan pemasaran social media

Membuat Aplikasi Mobile

Friday, January 29, 2016 Add Comment

Atau membuat aplikasi mobile

Tak kalah dengan desktop, aplikasi mobile juga ikut panas. Bahkan justru melebihi desktop, sehingga banyak developer yang lebih memprioritaskan mobile.
Sama seperti di atas, anda juga bisa membuat SaaS berbasis aplikasi mobile.
Atau.. anda juga bisa membuat game.
Bedanya, anda yang tidak punya skill programming bisa juga membuat game atau aplikasi mobile kecil-kecilan.
Caranya dengan membeli template/source code dari sebuah aplikasi.
Yang kita ganti hanya teks dan desainnya.
Proses ini disebut reskinning.
Pasar jual beli source code untuk aplikasi mobile adalah Chupamobile. Di tempat ini anda bisa menemukan ribuan aplikasi siap edit dan siap publish dengan harga rata-rata $99.
Terlalu mahal?
Meskipun pilihannya lebih terbatas, tapi ada juga bisa membeli source code diCodeCanyon dengan harga rata-rata $20.
FlappyBlueprintTwoHeroImage_v_2_0_3
Hanya dengan ~$20 untuk source code dan $25 untuk akun Google Play, anda sudah bisa membuat game sejenis Flappy Bird (dan game lain) sendiri.
Game ini bisa anda pasangi iklan dari AdMob untuk mendapatkan penghasilan.
Mungkin anda masih ingat jelas fenomena game sederhana seperti Flappy Bird ini. Pada era jayanya, Flappy Bird menghasilkan $10.000 atau sekitar Rp 120juta per hari dari iklan AdMob..
Baca juga artikel selanjutnya : Permudah bisnis mereka dengan menjual jasa SEO

Membuat dan menjual software atau menjadi penyedia jasa software development

Wednesday, January 27, 2016 Add Comment

Membuat dan menjual software…atau menjadi penyedia jasa software development

Sama seperti peluang usaha di nomor 20, menjadi software developer juga merupakan peluang yang sedang panas saat ini.
Tidak ingin menjual jasa? Ada alternatifnya..
Anda yang memiliki skill programming bisa membuat software sendiri kemudian menjualnya sebagai produk atau layanan.
Model bisnis SaaS (Software as a Service) merupakan salah satu yang paling berkembang saat ini.
SaaS adalah software yang umumnya berbasis web dimana penggunanya membayar dengan model langganan/subscription.
Contohnya Slack yang merupakan layanan chatting atau komunikasi dengan tim kerja.
Slack merupakan startup yang perkembangannya paling cepat saat ini, valuasinya di tahun 2015 mencapai $2.8 triliun padahal baru diluncurkan secara resmi di tahun 2014.
Perkembangan Slack
Uniknya, Slack berawal dari usaha sampingan yang awalnya tidak terlalu dianggap serius oleh pendirinya.
Semua ini berawal dari sebuah ide.
baca juga artikel selanjutnya : Membuat aplikasi mobile